PERBANDINGAN BAHAN COTTON COMBED 20S 24S 30S DAN 40S

PERBANDINGAN BAHAN COTTON COMBED 20S 24S 30S DAN 40S

Kaos berkualitas terbuat dari bahan yang berkualitas pula. Kaos yang nyaman dipakai terbuat dari 100% cotton. Bahan kaos 100% cotton adalah bahan kaos yang 100% terbuat dari serat kapas alam dan memiliki karakteristik bahan yang relatif halus, tidak panas, nyaman dipakai, dan menyerap keringat, sehingga sangat cocok dipakai di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Bahan kaos cotton combed adalah yang paling baik digunakan. Cotton Combed adalah jenis katun (cotton) yang sangat halus, yang mana pada proses pembuatannya serat katun diproses secara khusus sebelum diputar di mesin pemintal. Secara umum cotton combed ini lebih mahal dibandingkan kain katun biasa. Bahan Cotton combed juga terlihat lebih rata karena serat benangnya yang halus.

Bahan kaos dibedakan berdasarkan ketebalan dan rajutan. Ketebalan tersebut diberi simbol angka, semakin tipis bahannya semakin kecil angkanya semakin tebal, semakin besar angkanya, semakin tipis bahannya. Sedangkan bahan kaos berdasarkan rajutan dimana dilihat dari jumlah jarumnya, ada jarum tunggal dan jarum ganda.

Tipe bahan kaos cotton combed 20 s

Tipe benang dengan angka 20 merupakan bahan kain yang memiliki gramasi `180 sampai 220 gr/m2. Jenis rajutan sendiri adalah jarum tunggal.

Tipe bahan kaos cotton combed 24 s

Tipe benang 24 mendapatkan kain dengan memiliki gramasi 170 sampai 210 gr/m2. Jenis rajutan menggunakan jarum tunggal.

Tipe bahan kaos cotton combed 30 s

Tipe benang 30 merupakan bahan kain dengan memiliki gramasi 140 sampai 160 gr/m2 dengan menggunakan rajutan jarum tunggal. Sedangkan gramasi akan lebih tinggi antara 210 sampai 230 gr/m2 jika rajutan jarum ganda.

Tipe bahan kaos cotton combed 40 s

Terakhir adalah tipe benang 40 dengan gramasi yang dimiliki adalah 110 sampai 120 dengan jenis rajutan tunggal. Gramasi yang didapatkan akan lebih tinggi jika menggunakan jarum ganda antara 180 hingga 230 gr/m2.

Perlu diketahui bahwa masing-masing pabrik kaos menghasilkan kualitas produk yang berbeda, dikarenakan perbedaan bahan baku kapas, perbedaan proses produksi dan quality control, serta perbedaan proses washing serta finishingnya. Oleh karena itu, bahan cotton combed dari pabrik A, bisa saja sedikit berbeda kualitas dan teksturnya dengan pabrik B, demikian pula, produk bahan kaos yang dijual di toko kain X bisa jadi berbeda kualitasnya dengan toko kain Y.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *